Rabu, 24 Maret 2010

managemen strategis Hotel Salak The Heritage

Sekilas tentang Hotel Salak The Heritage

Hotel Salak The Heritage dibangun 1856 dengan nama Belleuve Dibbets, sejak September 1998 hotel ini direnovasi dan dibuka kembali dengan arsitektur bergaya kolonial modern. Hotel Salak The Heritage menjadi saksi sejarah Bogor dari zaman penjajahan Belanda, Jepang, Orde Lama, Orde Baru hingga Reformasi. Sepintas Hotel Salak The Heritage tampak seperti gedung hotel yang masih baru hal ini disebabkan telah dilakukan renovasi untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas dari Hotel Salak The Heritage. Hotel ini merupakan satu-satunya hotel yang terletak di depan Istana Kepresidenan Bogor di sebelah Balai Kota tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda No 8 Bogor yang didirikan di real seluas 8.227 m2.
Menurut sejarah pada zaman penjajahan Belanda Hotel salak The Heritage yang pada mulanya didirikan dan ditujukan untuk kalangan elit istana dan dimilki oleh keluarga istana. Perubahan zaman yang terus terjadi juga turut membuat Hotel Salak The Heritage berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.
Pada dasarnya Hotel Salak The Heritage Bogor adalah hotel milik Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Barat yang dikelola dengan sistem kerja sama operasi dengan PT Anugrah Jaya Agung. Maka dengan demikian Hotel Salak The Heritage ini dapat melakukan pengembangan usahanya dengan tambahan modal dan dukungan dari kerja sama tersebut. Didukung semakin majunya kota Bogor, Hotel Salak The Heritage juga melakukan tindakan-tindakan dalam mengembangkan sekaligus mempertahankan eksistensinya sebagai hotel yang yang paling terkenal di kota Bogor. Serangkaian tindakan yang dilakukan oleh pihak manajemen hotel merupakan salah satu strategi manajemen untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas dari Hotel Salak the Heritage mulai dari renovasi, kerjasama dengan supplier hingga tersedianya berbagai fasilitas lengkap merupakan strategi yang dilakukan oleh pihak manajemen.Tidak berhenti sampai di situ saja, Hotel Salak The Heritage juga terus melakukan inovasi yang membuat hotel ini menjadi semakin terkenal akan kualitasnya.


Fasilitas Hotel Salak The Heritage


Dalam Hotel Salak The Heritage ini ada beberapa fasilitas yang diberikan seperti berikut ini:
1. Business Center
2. Raffles Fitness Centers
3. Paradise Travel
4. Smart Kids Planet and Children Playground
5. Swimming Pool and Inner Garden
6 Bellevue Wellness Salon, Spa and Barbershop
7. Herbal Place
8. Drugstore and Art Shop
9. Internet Corner
10.Aesthetic Dentist
11.ATM Center
12.Security and Safety System


Analisis SWOT

Strength
1.Memiliki fasilitas pendukung yang lengkap
2.Lokasi yang strategis di pusat kota dan mudah dijangkau
3.Sering diadakan event-event tertentu seperti acara music atau acara bonenkai yang setiap tahun rutin diadakan.
4.Bangunan yang menarik
5.Berbasis internasional
6.Memiliki fasilitas pendidikan pariwisata yang dikenal dengan Bogor Hotel Institute (BHI)
7.Produktivitas yang tinggi,
8.Market share yang cukup besar,
9.Kemampuan pengembangan sarana dan prasarana yang baik,
10.Tingkat pendidikan karyawan yang baik karena didukung oleh Bogor Hotel Institute
11.Kemampuan inovasi dan pembaruan yang baik
12.Program tanggung jawab sosial yang baik

WEAK
1.jumlah kamar yang terbatas
2.profitabilitas yang rendah,
3.kemampuan pengelolaan dana tunai rendah dan
4.tingkat turn over karyawan yang tinggi

Opportunity
1.perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
2.menambah fasilitas lain

THREAT
1.inflasi yang tinggi,
2.penambahan jumlah pesaing,
3.kebijakan otonomi daerah dan gangguan keamanan

Strategi

strategi yang dapat dilakukan oleh Hotel Salak The Heritage adalah strategi efisiensi untuk meningkatkan kemampuan menghasilkan return usaha sebagai modal untuk terus tumbuh, strategi blue ocean melalui penciptaan value innovation dalam perusahaan yang didedikasikan bagi konsumen untuk membuat persaingan menjadi tidak relevan lagi, strategi akuisisi dengan mengambil alih beberapa hotel kecil dan menengah yang cukup prospektif, strategi membangun kemitraan strategis (strategic partnership) untuk memperluas jaringan yang dimiliki, strategi pengembangan dan perluasan pasar untuk meningkatkan penjualan atau pendapatan perusahaan, strategi pertumbuhan yang agresif setelah perusahaan mampu menghasilkan pendapatan dan profitabilitas sesuai sasaran yang telah ditetapkan, strategi IPO untuk mendukung strategi pertumbuhan yang agresif berupa dukungan pendanaan yang murah dari masyarakat dan strategi aliansi dengan institusi atau partner asing untuk memudahkan menembus pasar global.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates